Penerapan SMS Mobile Marketing untuk Menggali Informasi dan Peningkatan Layanan

Sebagai seorang pemilik/pengelola Usaha tentunya ingin Usahanya terus maju dan berkembang. Ciri khas sebuah usaha dikatakan maju/berkembang adalah memiliki pelanggan yang banyak dan loyal. Oleh sebab itu, memperhatikan kepuasan pelanggan adalah sebuah keharusan. Namun terkadang kita tidak mengatahui aspek-aspek apa saja yang menjadi faktor penentu kepuasan pelanggan. Oleh karena otu diperlukan upaya untuk menggali informasi dari pelanggan secara langsung. Penggalian informasi bisa berupa saran atau kritik dari pelanggan.

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mendapatkan saran/kritik dari pelanggan adalah melalui SMS. Karena selain mudah dan cepat, data sms bisa langsung masuk komputer sehingga bisa langsung diolah tanpa perlu melakukan inputing data secara manual.

Mungkin Anda pernah menemukan kalimat  SMS atau gambar seperti dibawah ini ?

 

SMS Saran2

Gambar – gambar diatas menunjukkan secara singkat bagaimana kampanye pemasaran SMS dijalankan.  Mungkin sebagian Anda pernah menemukan beberapa teknik yang di tunjukkan diatas. Sebagai contoh yang paling mudah, Anda tentu pernah menemukan gambar atau text yang meminta anda untuk mengirimkan saran / kritik anda lewat SMS.


Bagi pelanggan dan calon prospek, ini sangat mudah dilakukan. Puas atau tidak puas pelanggan diberikan sarana untuk menyampaikan saran atau bahkan kritiknya.  Yang mereka perlu lakukan hanyalah mengambil ponsel  yang memang 24 jam berada di tangan mereka. Kemudian mereka akan mengirimkan SMS seperti “SB1 INDRA ADITYAWARMAN 22012014 Perlu ditambahkan power untuk charger laptop disetiap meja, agar lebih nyaman berinternet” dan kirim ke nomor yang tertera.

Selang beberapa saat kemudian , pelanggan akan menerima ucapan seperti ini :
“Terima kasih, Saran atau Kritik Anda sangat membantu kami untuk melayani Anda lebih baik lagi”.

Apa yang terjadi adalah, pelanggan Anda merasa begitu heran bagaimana si penjual tadi dapat membalas SMS Anda dengan begitu cepat sekali. Tak sampai semenit pun SMS dikirim. Bagi pihak si pemilik, sebenarnya semua SMS pelanggan tadi dikelola oleh sebuah sistem pintar yang akan melakukannya secara otomatis, tanpa perlu Anda membalas satu persatu SMS yang dikirimkan. Apa yang harus dilakukan oleh si penjual hanya memasang sebuah sistem SMS yang bertindak sebagai ‘marketing exec’ yang akan bekerja 24 jam sehari dengan penuh setia.

Untuk memberikan daya tarik agar pelanggan bersedia mengirimkan saran/kritiknya kepada pemilik usaha, salah satunya dengan memberikan hadiah berupa souvenir / diskon yang bisa ditukarkan melalui kasir atau customer service dengan cara menunjukkan sms balasan dari sistem SMS Autoreply dari pemilik Usaha. Sekaligus juga untuk memberikan retensi kepada pelanggan.

Menerapkan sistem SMS untuk menampung saran/kritik pelanggan seperti uraian diatas sudah barang tentu bermanfaat untuk mengembangkan usaha Anda kedepan.

Sudahkah sistem tersebut Anda terapkan pada Usaha Anda?

OK, Bila Anda belum memiliki sistem SMS Mobile Marketing. Segera miliki Software SMS Mobile Marketing MOBIS MX hanya dengan Rp 399.000,- (tanpa biaya bulanan, tanpa kontrak, gratis update selamanya). Sebetulnya biaya segitu tidaklah sebanding dengan manfaat  yang Anda dapatkan setelah menerapkan sistem SMS Mobile Marketing, terlebih itu untuk kemajuan bisnis atau usaha Anda.

 

pesan sekarang